Audit Internal: Tinjauan Manajemen Mutu ISO 9001:2015 BSIP NTT
Kupang, 30 Mei 2024 – Audit Internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di BSIP NTT dilanjutkan dengan penyusunan Tinjauan Manajemen yang terdiri dari 6 poin indikator antara lain: 1) Status tindakan tinjauan manajemen sebelumnya, 2) Perubahan isu internal dan isu eksternal, 3) Informasi kinerja dan keefektifan sistem manajemen, 4) Kecukupan sumberdaya,5) Keefektifan tindakan terkait risiko dan peluang dan 6) Peluang peningkatan.
Dalam penutupan audit internal dibacakan hasil temuan oleh auditor dimana didapati beberapa hasil temuan ketidaksesuaian dengan klausa Manajemen Mutu. Dengan temuan yang didapati kepada auditi diharapkan agar ada tindak lanjut yang dilaksanakan untuk dibenahi dan dikembangkan dengan target waktu tertentu baik dokumen dan prosedur.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengisian form pendaftaran sertifikasi ISO 9001:2015 dengan disiapkan juga dokumen SK Tim Implementasi ISO 9001:2015, Kebijakan Mutu, Matriks Isu, Matriks kebutuhan dan harapan, Sasaran Mutu, Notulensi tinjauan manajemen dan Peta proses bisnis yang sudah ditandatangani Ketua Tim Implementasi Manajemen Mutu dan Kepala BSIP NTT sebagai lampiran bukti dukung pendaftaran sertifikasi yang akan dikirim melalui e-mail.
Diakhir agenda kegiatan Dr. Ir. Ihwan Patiroi., S.P., MM., MH., IPM selaku narasumber tenaga ahli sistem manajemen mutu menyampaikan bahwa implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 harus bersifat continu tidak berhenti disaat sudah mendapatkan sertifikat sertifikasi. Dengan harapan BSIP NTT menuju organisasi lebih baik dan bisa jadi organisasi percontohan bagi instansi lain
Rangkaian agenda kegiatan ditutup secara resmi oleh Kepala BSIP NTT, Dr. Ir. Sophia Ratnawaty, M.Si. beliau juga menegaskan pentingnya penerapan, memelihara dan mengembangkan standar ISO 9001:2015. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada narasumber dalam pendampingan audit internal dan sosialisasi sistem manajemen mutu yang sudah dilaksanakan selama 3 hari.
Audit internal ini menjadi langkah penting bagi BSIP NTT dalam perjalanan menuju sertifikasi ISO 9001:2015 dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas bagi internal dan eksternal.